Analisis Model Fit Butir Soal pada Instrumen Penilaian Kognitif Ilmu Pendidikan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama

Putra, Aminuddin Prahatama and Wardhani, Dyah Febria and Suratno, Suratno Analisis Model Fit Butir Soal pada Instrumen Penilaian Kognitif Ilmu Pendidikan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama. JP3I – Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia.

[img]
Preview
Text
3. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia.pdf

Download (830Kb) | Preview

Abstract

Pentingnya instrumen penilaian kognitif yang berkualitas agar evaluasi yang dilakukan benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur oleh instrumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jumlah butir soal yang fit pada pengembangan instrumen penilaian kognitif mata pelajaran IPA SMP. Penelitian deskriptif ini dilakukan pada 7 SMP/MTs Kabupaten Banjar. Data berupa perbandingan soal yang tidak fit menurut kurikulum yang diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal yang fit pada instrumen penilaian kognitif yang dikembangkan adalah 59,80% (kurikulum 2013), 12,74% (KTSP), dan 78,43% (Kurikulum Imbas 2013). Kata kunci: Model Fit; Butir Soal,Penilaian; IPA

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:15
Last Modified: 31 Dec 2019 01:15
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/7712

Actions (login required)

View Item View Item