MODEL PENILAIAN EKONOMI KAWASAN KONSERVASI DI KALIMANTAN SELATAN: NILAI TAMAN HUTAN RAYA SULTAN ADAM DARI KOMODITAS PERTANIAN YANG DIAIRI IRIGASI RIAM KANAN

Soendjoto, Mochamad Arief and Suyanto, Suyanto and Akhyar, Syahbana (2011) MODEL PENILAIAN EKONOMI KAWASAN KONSERVASI DI KALIMANTAN SELATAN: NILAI TAMAN HUTAN RAYA SULTAN ADAM DARI KOMODITAS PERTANIAN YANG DIAIRI IRIGASI RIAM KANAN. In: Konferensi Antaruniversiti Se Borneo-Kalimantan Ke-6, 23-24 Mei 2011, Palangkaraya, Indonesia.

[img]
Preview
Text
KABOKA 2012 MASoendjoto NilaiKomoditas.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstract

Nilai ekonomi Taman Hutan Raya Sultan Adam (TSA), salah satu kawasan konservasi di Kalimantan Selatan belum dihitung secara menyeluruh. Penelitian bertujuan untuk menghitung nilai ekonomi TSA dari komoditas pertanian yang lahannya diairi Irigasi Riam Kanan. Sumber air irigasi ini adalah TSA. Wawancara dilakukan kepada sekitar 150 orang pemilik atau penggarap lahan yang lahannya terletak 250 m kiri/kanan saluran irigasi, sehingga diperoleh luas lahan (termasuk letaknya menurut desa dan kecamatan) serta jenis, umur, jumlah panen, dan harga jual komoditas pertanian mereka. Nilai ekonomi TSA dari komoditas ini sekitar Rp9.632.197.630/tahun. Asumsinya adalah bahwa hanya 10% dari lahan pertanian di tiga kecamatan diairi Irigasi Riam Kanan. Bila nilai tersebut digabungkan dengan nilai ekonomi TSA dari air domestik, wisata alam, transportasi air, dan perikanan, nilai ekonomi TSA yang sudah dihitung sekitar Rp20.875.895.315/tahun.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Divisions: Fakultas Kehutanan > Managemen Hutan
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 22 Apr 2016 01:30
Last Modified: 20 Aug 2016 21:15
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item