KAJIAN STRATEGI PENGELOLAAN DAN REVITALISASI PEMANFAATAN SUMBER DAYA PERAIRAN VOID REKLAMASI TAMBANG/EKS PENAMBANGAN BATUBARA PD. BARAMARTA KABUPATEN BANJAR BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Eka, Iriadenta (2010) KAJIAN STRATEGI PENGELOLAAN DAN REVITALISASI PEMANFAATAN SUMBER DAYA PERAIRAN VOID REKLAMASI TAMBANG/EKS PENAMBANGAN BATUBARA PD. BARAMARTA KABUPATEN BANJAR BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Project Report. Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat . (Unpublished)

[img]
Preview
Text
void.pdf

Download (1737Kb) | Preview

Abstract

Salah satu kegiatan dalam memanfaatkan sumberdaya alam adalah kegiatan pertambangan bahan galian yang hingga saat ini merupakan sektor penyumbang devisa negara yang signifikan. Batubara merupakan energi alternatif yang sangat dibutuhkan pada masa sekarang dan akan datang. Selaras kebutuhan energi bagi pembangunan, aktivitas eksploitasi batubara juga meningkat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun demikian kegiatan pertambangan yang tidak dilaksanakan secara tepat dapat menimbulkan dampak negatif, antara lain berpotensi menyebabkan degradasi lahan dan perairan di sekitarnya serta peluang konflik sosial. Interaksi antar parameter lingkungan perairan membentuk suatu fenomena sistem alamiah yang menyertai void oligotrofik berupa overturn dan blooming algae yang membawa dampak bagi lingkungan perairan void. Adanya stratifikasi kedalaman yang membawa implikasi pada perubahan suhu yang ekstrim berada di dasar perairan membawa sirkulasi masa air dari dasar sampai ke permukaan (pembalikan massa air) akibat perbedaaan kerapatan suhu massa air yang sering terjadi di musim penghujan, fenomena ini berdampak buruk bagi biota perairan yang tidak mampu bertahan terhadap unfortunetly conditions tersebut. Mekanisme ini terjadi di lingkungan perairan sebagai bentuk adaptasi terhadap ekosistem lingkungan yang marginal dan memiliki stratifikasi kedalaman yang tinggi. Meningkatnya unsur senyawa logam berat yang bersifat toxic sebagai akumulasi senyawa yang memiliki massa jenis atom yang lebih tinggi yang sangat nyaman berinteraksi dengan kondisi anaerob di dasar perairan. Pengelolan void apabila di desain dengan memperlihatkan secara estetis dengan perbaikan infrastruktur tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata, terlebih lagi telah restoking ikan di lokasi yang membawa minat bagi para pemancing untuk mencoba di areal void.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:50
Last Modified: 14 Apr 2016 06:50
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item