PEMETAAN DAN ANALISIS SISI PASOKAN DUNIA PENDIDIKAN PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DALAM DIMENSI KUALITAS, KUANTITAS, LOKASI DANWAKTU DI KALIMANTAN SELATAN

Mariana, Mariana and Ismed, Setya Budi (2012) PEMETAAN DAN ANALISIS SISI PASOKAN DUNIA PENDIDIKAN PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DALAM DIMENSI KUALITAS, KUANTITAS, LOKASI DANWAKTU DI KALIMANTAN SELATAN. Technical Report. Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat.

[img] Text
PEMETAAN PASOKAN.doc

Download (2684Kb)
Official URL: http://lemlit.unlam.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil pemetaan dan analisis sisi pasokan dunia pendidikan dalam dimensi kualitas, kuantitas, lokasi dan waktu di kota Banjarmasin, dapat disimpulkan bahwa: 1. Jumlah lulusan SMK yang dihasilkan dunia pendidikan di Kalimantan Selatan per tahun sebesar 7821 orang, diantaranya hanya 657 orang dengan kompetensi Agribisnis dan agroindustri. Padahal sektor pertanian masih menjadi penyerap tenaga kerja terbesar yakni mencapai 38,20 persen dari jumlah seluruh penduduk yang bekerja. 2. Sebagian besar lulusan memiliki kompetensi diluar kompetensi unggulan koridor ekonomi unggulan daerah sehingga belum mampu memenuhi pangsa pasar tenaga kerja, sedangkan angkatan kerja yang berwirausaha hanya kurang 2%. 3. Pemilihan SMK berdasarkan keinginan sendiri sebesar 46,23%, sedangkan berdasarkan pilihan keinginan orang tua sebesar 49,06%. 4. Alumni dari perguruan tinggi bekerja sesuai kompetensi sebesar 71,23-100% sedangkan level SMK antara 4,2% - 91,69%. 5. Lokasi tempat bekerja dari kompetensi teknologi rekayasa didominasi bekerja di perkotaan sedangkan kompetensi agribisnis dan agroindustri pada luar kota, namun tidak ada alumni yang bekerja di luar negeri 6. Waktu tunggu terpendek kurang dari 3 bulan adalah alumni poliban dan Fakultas Pertanian Unlam, sedangkan level SMK adalah dari alumni SMK 5, SMK NU dan SPPN Banjarbaru dengan persentase 54%. 7. Waktu tungu teknologi rekayasa dan sekolah vokasional bekerja setelah lulus dan umumnya mereka bekerja di sektor Perkebunan dan Pertambangan 8. Cukup tinggi tingkat keselarasan lulusan pendidikan Vokasional dan Perguruan Tinggi Penilaian AI untuk tiap-tiap perguruan tinggi /sekolah vokasional menunjukkan bahwa institusi pendidikan dengan program yang spesifik di bidang Teknik Pertambangan dan Alat berat mendapatkan AI yang relatif tinggi.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Proteksi Tanaman
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 14 Apr 2016 03:49
Last Modified: 14 Apr 2016 03:49
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item