PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS BERBANTUAN COURSESITE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA SMA

Hakim, Rahman Nul and Fajriah, Noor (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS BERBANTUAN COURSESITE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA SMA. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin.

[img]
Preview
Text
18-(171-178)-SENPIKA RAHMAN (1)(1) Rahman.pdf

Download (246Kb) | Preview

Abstract

Pendidikan bukan hanya mengenai meningkatkan kognitifnya saja akan tetapi juga membangun karakter kepribadian para siswa salah satunya kerjasama. Faktanya, diperoleh bahwa kerjasama siswa masih rendah serta hasil belajarnya yang masih tergolong cukup. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemam-puan kerjasama serta hasil belajar siswa melalui penerapan STAD berbantuan coursesite. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Banjarmasin semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggu-nakan instrumen lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kerjasama siswa meningkat yang pada siklus I sebesar 2,09 dan pada siklus II sebesar 2,98 sehingga mengalami peningkatan sebesar 0,89. Adapun ada pening-katan juga rata-rata nilai hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 72,94 dan siklus II menjadi 83,36. Kata kunci: Student Teams Achievment Divisons, Kerjasama, Coursesite

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S. Kom Rahman Abdi
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:00
Last Modified: 07 Apr 2020 02:00
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/8793

Actions (login required)

View Item View Item