IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN KONSEP JENIS DAN DAUR ULANG LIMBAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 3 BANJARBARU

Muhammad, Zaini (2013) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN KONSEP JENIS DAN DAUR ULANG LIMBAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 3 BANJARBARU. Project Report. Lemlit Unlam, Banjarmasin. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Judul implementasi ..... 2.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul implementasi .... 3.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Naskah Penelitian BOPTN.doc.pdf

Download (389Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
851.pdf

Download (988Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengukur pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving terhadap hasil belajar kognitif produk, 2) mengukur pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving terhadap hasil belajar kognitif proses, 3) menjelaskan kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem solving. Penelitian menggunakan rancangan kuasi eksperimen (quasi experiment) yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bentuk rancangan kuasi eksperimen yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan Problem Solving. Variabel terikat adalah hasil belajar kognitif produk dan hasil belajar kognitif proses. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Banjarbaru. Tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel sistematis Penelitian lapangan dilakukan selama 2 bulan (Oktober-Nopember 2013) di SMA Negeri 3 Banjarbaru Hasil penelitian diperoleh 1) ada perbedaan secara signifikan hasil belajar kognitif produk (F = 13,33; P = 0,0001). Ini menunjukkan pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif produk. 2) ada perbedaan secara signifikan hasil belajar kognitif proses (F = 15,79; P = 0,0001). Dikatakan pula pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif proses. 3) keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh melalui pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving tergolong baik Kata kunci: pendekatan,problem solving, hasil belajar kognitif produk, hasil belajar kognitif proses, keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:40
Last Modified: 11 Apr 2016 01:23
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item