OPTIMASI TRANSESTERIFIKASI BIODIESEL MENGGUNAKAN CAMPURAN MINYAK KELAPA SAWIT DAN MINYAK JARAK DENGAN TEKNIK ULTRASONIK PADA FREKUENSI 28 kHZ

Fajar TK, Berkah and Wahyudi H, Ben and Widayat, Widayat (2015) OPTIMASI TRANSESTERIFIKASI BIODIESEL MENGGUNAKAN CAMPURAN MINYAK KELAPA SAWIT DAN MINYAK JARAK DENGAN TEKNIK ULTRASONIK PADA FREKUENSI 28 kHZ. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.

[img]
Preview
Text
MT 11.pdf

Download (399Kb) | Preview

Abstract

Harga CPO dunia tidak stabil, oleh karena itu mempengaruhi pasokan bahan baku untuk memproduksi biodiesel. Untuk mengatasi kekurangan bahan baku, perlu untuk menggunakan beberapa bahan baku, dalam hal ini adalah CPO dan Jatropha. Tujuan penelitian ini adalah optimasi produksi biodiesel menggunakan multi-feedstock (CPO dan Jatropha) berbantuan ultrasonik. Optimasi adalah untuk menemukan hasil paling tinggi dan waktu produksi paling cepat. Eksperimental dilakukan dengan menggunakan bath-ultrasonic pada 40 kHz. Rasio CPO dan Jatropha adalah 1: 1, 3: 1, 4: 1, rasio metanol dan minyak adalah 5: 1, 6: 1, 7: 1 dan waktu reaksi adalah 50, 60, 70 menit. KOH digunakan sebagai katalis. Optimasi menggunakan Response Surface Methodology [3,4]. Titik optimum adalah pada frekuensi 28 kHz diperoleh pada campuran CPO – Jatropha 3: 1, rasio molar metanol-minyak 6: 1 dan waktu reaksinya 60 menit. Kata Kunci: Optimasi, biodiesel, response surface methodology (RSM)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:44
Last Modified: 15 Jan 2016 02:44
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item