Analisis Struktur Mikro dan Fraktografi Hasil Pengelasan GMAW Metode Temper Bead Welding dengan Variasi Temperatur Interpass pada Baja Karbon Sedang

Amin, Ahmadil (2015) Analisis Struktur Mikro dan Fraktografi Hasil Pengelasan GMAW Metode Temper Bead Welding dengan Variasi Temperatur Interpass pada Baja Karbon Sedang. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.

[img]
Preview
Text
Material 47.pdf

Download (367Kb) | Preview

Abstract

Besarnya temperatur interpass sering kali tidak diperhatikan dalam proses pengelasan di lapangan. Temperatur Interpass pada Temper Bead Welding dapat mempengaruhi laju pendinginan dan struktur mikro yang terbentuk pada daerah las. Kekuatan dan ketangguhan sambungan las berkaitan erat dengan struktur mikro yang terbentuk setelah proses pengelasan, yaitu ketika proses pendinginan berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperatur interpass terhadap perubahan struktur mikro dan permukaan patahan hasil pengelasan GMAW metode Temper Bead Welding dengan variasi temperatur interpass 75OC, 100 OC, 125OC, dan 150OC pada baja karbon sedang. Elektroda yang digunakan E70S-6 diameter 0,8 mm. Sebagai gas pelindung selama pengelasan digunakan 100% gas CO2. Analisis data dilakukan melalui analisis struktur mikro (metallography) dan analisis fraktografi. Peningkatan temperatur interpass sampai dengan 150 OC terjadi peningkatan struktur AF dan penurunan jumlah struktur WF dan GF. Peningkatan temperatur interpass berdampak pada bentuk dan ukuran dimple yang terjadi. Dengan meningkatnya temperatur interpass, maka ukuran void yang terbentuk semakin seragam, artinya dimple yang terbentuk semakin dalam. Hal ini menandakan jenis patahan yang semakin ulet. Kata kunci : GMAW, Temper Bead Welding, Temperatur Interpass, Baja Karbon Sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 14 Jan 2016 06:45
Last Modified: 14 Jan 2016 06:45
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item