MODIFIKASI GATING SYSTEM UNTUK MENGATASI CACAT SHRINKAGE PADA BAGIAN GROOVE PADA PRODUK PUMP CASING F-60 DENGAN MATERIAL AISI 304

Perdana, Dony and Gunawan, Eddy and Munif, Miftahul (2015) MODIFIKASI GATING SYSTEM UNTUK MENGATASI CACAT SHRINKAGE PADA BAGIAN GROOVE PADA PRODUK PUMP CASING F-60 DENGAN MATERIAL AISI 304. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.

[img]
Preview
Text
Material 06.pdf

Download (565Kb) | Preview

Abstract

Produk Pump Casing F-60 adalah salah satu mass product PT. X produk ini berfungsi sebagai casing pompa yang digunakan di perhotelan dan gedung-gedung, produk ini dibuat dengan spesifikasi material AISI 304 dan menggunakan metode cetakan investment casting karena produk ini merupakan salah satu produk yang presisi. Langkah penanganan cacat shrinkage pada Pump Casing F-60 ini ditinjau dari segi gating system. Pencarian sumber cacat dilakukan berdasarkan hasil perhitungan gating system dan riser yang digunakan dengan perbandingan hasil sebelum dan sesudah perubahan. Perancangan ulang dilakukan dengan menambahkan runner dan riser pada bagian groove. Hasil perancangan ulang pada desain hasil perubahan menunjukan peningkatan yang dapat menghilangkan penyebab munculnya cacat shrinkage karena penambahan sistem saluran runner dan riser baru yang berfungsi memberi cairan logam yang berkurang akibat penyusutan dibagian groove. Kata kunci : Casting, shrinkage, gating system.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 14 Jan 2016 01:25
Last Modified: 14 Jan 2016 01:25
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item