Pengkajian Bentuk Dan Isi Kebijakan Akuntansi Untuk Perlakuan Akuntansi Assets Lingkungan Pertanian Lahan Basah Entitas Unlam

Rasidah, Rasidah (2007) Pengkajian Bentuk Dan Isi Kebijakan Akuntansi Untuk Perlakuan Akuntansi Assets Lingkungan Pertanian Lahan Basah Entitas Unlam. Project Report. Fakultas Ekonomi Unlam, Kalimantas Selatan.

[img]
Preview
Text
pengkajian bentuk dan isi kebijakan akuntansi untuk perlakuan akuntasi assets lingkungan.pdf

Download (584Kb) | Preview

Abstract

Sistem manajemen entitas sektor publik dalam tataran akuntabilitas dan transparansi terus mengalami pengembangan. Pengembangan sistem tersebut dinyatakan melalui pelembagaan Standar Akuntansi Pemerintahan (PP Nomor 24) organisasi sektor pemerintah di Indonesia. Korespondensi perkembangan sistem tersebut berkaitan dengan esensi "State Audit Reform", yang menjadi kebutuhan nasional untuk pelembagaannya. Dalam tahun 2008 sejak diberlakukannya Standart setiap entitas sektor Publik (pemerintah), dan entitas lainnya diluar Private, memasuki tahap implementasi sebagai "mandatory" untuk pelaksanaanya. Implikasi Standar adalah dalam menyajikan transaksi, event, dan kaitannya dengan peristiwa (circumstances) entitas sesuai dimensi standar untuk definisi, dan nilai setiap aset, kewajiban, dan ekuitas organisasi, melalui media Neraca Unlam. Tuntutan kebutuhan tersebut berkaitan dengan Unlam sebagai entitas publik, dengan Rektorat sebagai Kesatuan Pelaporan (Reporting Entity), dimana manajemen Unlam diharuskan memenuhi diktum dalam standar tersebut. Aktivitas manajemen lingkungan pertanian lahan basah, ada pada lembaga otonom yang mengelola dan dilaporkan secara "reciprocal" pada kesatuan pelaporan melalui kesatuan akuntansi pelaksana. Media kebijakan Akuntansi sebagai alat dan cara organisasi melakukan aktivitas akuntansi perlu disusun dengan mengacu pada standar yang diberlakukan. Pelembagaan media kebijakan akuntansi Unlam, secara menyeluruh didesain dalam bentuk dan isi, untuk menjadi landasan praktek pencatatan dan pelaporan aset, kewajiban, dan ekuitas dari keseluruhan sumber pendanaan yang dikelola, baik dari sumber kelolaan DIPA, maupun dari Hibah-Grant dan Loan, yang melalui atribusi pembelanjaan dan pembiayaan menimbulkan dampak pada klaim definitif sebagai aset, kewajiban, dan ekuitas organisasi. Keywords: Standar Akuntansi Pemerintahan, Aset, eraca Unlam, Lingkungan Lahan Basah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 08 Sep 2013 21:06
Last Modified: 08 Sep 2013 21:06
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item