MELURUSKAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF

Utomo, Utomo (2013) MELURUSKAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF. In: Perkembangan Isu Terkini Dalam Layanan Pendidikan Dan Dukungan Bagi Individu Berkebutuan Khusus, Januari 2013, Jakarta.

[img]
Preview
Text
Meluruskan implementasi pendidikan inklusif-prosiding Ind-Malay.pdf

Download (448Kb) | Preview

Abstract

Indonesia telah mengenal dan mulai melaksanakan pendidikan inklusif yang diyakini oleh para pakar di bidang pendidikan merupakan paradigm pendidikan yang paling efektif untuk mewujudkan education for all. Indonesia telah meratifikasinya. Sebagai sebuah Negara yang telah menyepakati perjanjian internasional tersebut, tidak bisa semena-mena mengimplementasikannya. Dalam perjalanannya selama kurang lebih delapan tahun ini berbagai kemajuan telah tercapai, namun masih ada permasalahan-permasalahan yang muncul. Mungkin sebagian kalangan mengaanggap hal yang biasa jika terjadi permasalahan. Permasalahan yang paling menonjol adalah antara makna pendidikan inklusif itu sendiri dengan pelaksanaannya masih belum sempurna. Artinya beberapa komponen pendidikan inklusif belum sepenuhnya terealisasi. Hal inilah yang membuat terseok-seoknya perjalanan pendidikan inklusif di Indoensia. Hal ini perlu diluruskan. Jika tidak tentu akan menimbulkan dampak yang bisa jadi membuat sebagian lembaga enggan melaksanakan pendidikan inklusif. Beberapa ide untuk meluruskan pendidikan inklusif tersebut antara lain : (1) Para pelaku yang mengimplementasikan pendidikan inklusif perlu pemahaman yang utuh. Pemahaman yang hanya sepenggal-penggal hanya membuat pelaksanaan pendidikan inklusif tambah membingungkan. (2) Pendidikan inklusif memberikan pemahaman bahwa anak-anak diusahakan menempuh pendidikan di sekolah terdekat dengan pendekatan rayonisasi. (3) Rasio guru dengan peserta didik perlu diselaraskan. (4) Perlunya perubahan criteria sekolah unggulan. (5) Perlunya Pusat Sumber Layanan ABK. (6) Pemahaman tentang pendidikan inklusi sebaiknya tidak hanya kepada guru-guru yang ada, akan tetapi bagi calon guru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:59
Last Modified: 22 Dec 2015 03:59
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item