Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika dengan Menerapkan Model Pengajaran Langsung

Cania, Murni and Arifuddin, Muhammad and Mastuang, Mastuang Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika dengan Menerapkan Model Pengajaran Langsung. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 18 Maret 2017, Banjarmasin.

[img]
Preview
Text
2c. Prosiding SNPF 2017_1 (nomor 3).pdf

Download (1010Kb) | Preview

Abstract

Kurangnya peran aktif siswa selama proses pembelajaran mengakibatkan kurang terlatih untuk mengembangkan kemampuan deklaratif dan keterampilan prosedural yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di kelas X-2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, keterampilan prosedural dan hasil belajar terhadap proses pengajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan model Hopkins di mana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan RPP selama proses pembelajaran meningkat yaitu 3,1 pada siklus I menjadi 3,7 pada siklus II (2) keterampilan prosedural juga meningkat dari 3,12 terkategori baik menjadi 3,55 terkategori sangat baik (3) peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 55% (tidak tuntas), pada siklus II sebesar 80% (tuntas). Simpulan bahwa penerapan model pengajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X-2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Kata kunci: Model pengajaran langsung, hasil belajar

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:34
Last Modified: 25 Mar 2019 06:34
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/5719

Actions (login required)

View Item View Item