Pengaruh Kinerja Tutor Terhadap Kemandirian dan Kegiatan Pelaporan Hasil Belajar Mandiri Mahasiswa dalam Problem Based Learning (PBL) di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Setyaningrum, Ratna and Rahman, Fauzie and Rahayu, Atikah Pengaruh Kinerja Tutor Terhadap Kemandirian dan Kegiatan Pelaporan Hasil Belajar Mandiri Mahasiswa dalam Problem Based Learning (PBL) di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. In: Seminar Nasional Diseminasi Penelitian Dosen FK ULM Tahun 2015, 26 November 2015, Banjarmasin.

[img]
Preview
Text
24.pdf

Download (368Kb) | Preview

Abstract

Abstrak: Dalam kegiatan Problem-Based Learning (PBL), variabel masukan termasuk kinerja tutor mempengaruhi variabel luaran seperti laporan hasil kegiatan belajar mandiri pada mahasiswa. Walaupun demikian, bagaimana variabel ini saling mempengaruhi satu sama lain, masih belum dapat dijelaskan secara tepat. Berdasarkan angket jaminan mutu yang dilakukan setiap semester pada mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FK Unlam terdapat variasi dalam kinerja tutor yang berperan dalam pelaksanaan tutorial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kinerja tutor terhadap hasil kemandirian belajar mahasiswa dalam PBL pada mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FK Unlam. Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa FK Unlam yang terdiri dari Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Reguler Semester V yang terdaftar aktif dan mengikuti seluruh kegiatan tutorial yang sedang berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja tutor termasuk pada kategori baik yaitu 82,5% untuk IKMT-PPM dan 85% untuk IKMT- Kesehatan Reproduksi; laporan hasil kegiatan belajar mandiri sebagian besar berada pada kategori baik dengan nilai A sebesar 75,6% untuk kedua IKMT dengan rincian 87,5% untuk IKMT-PPM dan 63,75% untuk IKMT-Kesehatan Reproduksi; kinerja tutor yang baik sebesar 83,75% mampu mengantarkan hasil belajar mandiri mahasiswa baik dalam penyelesaian tugas dan hasil belajar dengan kategori baik sebesar 75,6%. Perlu dilakukan upaya peningkatan kinerja tutor melalui kegiatan pelatihan dan refreshing tutor yang dilakukan secara regular yaitu setiap awal semester; penelitian selanjutnya dapat menggunakan instrumen yang berbeda dengan penggunaan variabel ukur yang berbeda untuk mengukur kinerja tutor dan hasil kemandirian belajar mahasiswa; penelitian selanjutnya dapat menggunakan pemilihan waktu yang berbeda dalam kegiatan pengambilan data, misalnya sesaat setelah pelaksanaan tutorial. Kata-kata kunci: Problem-Based Learning (PBL), kinerja tutor, hasil belajar mandiri

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:01
Last Modified: 17 Sep 2019 05:47
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item