Modal Sosial dan Kesuksesan Pedagang Intan Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan

Hidayat, Yusuf (2017) Modal Sosial dan Kesuksesan Pedagang Intan Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Modal Sosial dan Kesuksesan Pedagang Intan Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, 02 (10).

[img]
Preview
Text
3758-9001-1-SM.pdf

Download (273Kb) | Preview

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang difokuskan pada kajian tentang arti penting modal sosial dalam perdagangan intan sebagai komoditas yang langka di Kota Martapura. Penelitian ini dilakukan di kota Martapura dengan metode penelitian kualitatif dan telah diwawancarai sebanyak 5 orang sebagai informan. Penelitian ini menemukan bahwa bentuk modal sosial dalam perdagangan intan adalah kepercayaan dan jaringan sosial, resiprositas dalam perkongsian yang dibentuk oleh para pedagang intan serta hubungan langganan yang terbentuk dalam transaksi jual beli intan. Modal sosial mmepunyai arti penting dalam kesuksesan dalam berdagang intan karena dengan modal sosial para pedagang dapat menghimpun kekuatan untuk mendapatkan dan memasarkan intan sebagai komoditas yang langka dan penuh dengan spekulatif. Kata Kunci: perdagangan intan, modal sosial, kepercayaan, resiprositas

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:54
Last Modified: 13 Mar 2019 08:54
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item