ANALISIS POSITIONING RESTORAN CEPAT SAJI WARALABA FRIED CHICKEN DI BANJARMASIN BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (STUDI PADA KFC DUTA MALL, TEXAS FRIED CHICKEN DUTA MALL, AW DUTA MALL DAN CALIFORNIA FRIED CHICKEN RS ULIN BANJARMASIN)

Prihatin , Ade Mayvita and Ikhwan , Faisal (2015) ANALISIS POSITIONING RESTORAN CEPAT SAJI WARALABA FRIED CHICKEN DI BANJARMASIN BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (STUDI PADA KFC DUTA MALL, TEXAS FRIED CHICKEN DUTA MALL, AW DUTA MALL DAN CALIFORNIA FRIED CHICKEN RS ULIN BANJARMASIN). Jurnal Wawasan Manajemen, 3 (1). pp. 33-44. ISSN 2337-5191

[img]
Preview
Text
analisis.pdf

Download (3592Kb) | Preview

Abstract

Tingkat pertumbuhan waralaba fried chicken yang berkonsep restoran cepat saji di Banjarmasin selama 14 tahun terakhir adalah sebesar 12% per tahun, hal ini ditandai dengan banyaknya jumlah outlet/gerai waralaba fried chicken di kota Banjarmasin yaitu sebanyak 10 gerai dan sebagian besar gerai tersebut ada di Duta Mall Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis posisi persaingan restoran cepat saji waralaba fried chicken berdasarkan persepsi konsumen (studi pada KFC, Texas Fried Chicken, AW Duta Mall dan CFC RS Ulin di Banjarmasin). Sebagai dasar penilaian yang membentuk persepsi yaitu bauran pemasaran jasa, yang terdiri dari pelayanan, kondisi fisik, produk, promosi, personal traits, harga, sarana pendukung, distribusi dan lokasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, yaitu responden yang pernah makan di keempat waralaba fried chicken tersebut dengan menggunakan teknik proporsional stratified non random sampling. Sementara teknik analisis data menggunakan analisis Multi Dimensional Scaling (MDS). Temuan hasil analisis Multi Dimensional Scaling (MDS) diperoleh ketidaksamaan posisi waralaba fried chicken yaitu Kentucky Fried Chicken, Texas Chicken, AW dan California Fried Chicken berdasarkan persepsi konsumen : 1.KFC merupakan waralaba fried chicken yang memiliki keunggulan-keunggulan dalam kemudahan mendapatkan informasi penyelenggaraan pesta, kapasitas ruangan, frekuensi kemunculan iklan, keterampilan karyawan, kesesuaian produk dengan harga. Selain itu KFC juga memiliki keunggulan khusus yaitu rasa fried chicken yang berbeda (unik) dan jumlah outlet yang lebih banyak, 2. Texas Fried Chicken memiliki keunggulan-keunggulan yaitu kecepatan dalam pelayanan terhadap pelanggan, kebersihan ruangan, kemasan produk yang disenangi konsumen, pemberian hadiah langsung kepada konsumen, potongan harga untuk pembelian, keramahan karyawan dalam melayani pelanggan, tempat mencuci tangan yang sesuai dengan harapan konsumen serta kedekatan dengan fasilitas tambahan, 3. Pelanggan mempersepsikan AW memiliki keunggulan-keunggulan untuk kemudahan penyelenggaraan pesta dan desain ruangan yang lebih menarik, harga satuan produk yang lebih murah, ukuran produk yang standar, media promosi yang lebih variatif, serta kerapian karyawan dalam berpakaian. Selain itu AW juga memiliki keunggulan khusus yaitu tersedianya tempat bermain anak yang cukup lengkap dan luas, 4. California Fried Chicken (CFC) memiliki keunggulan-keunggulan yaitu ketepatan dalam pelayanan, desain ruangan yang menarik, pilihan menu yang lebih variatif, harga paketan yang lebih murah serta kenyamanan suasana.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 03 Nov 2015 08:26
Last Modified: 03 Nov 2015 08:26
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item