WATI, MUSTIKA and Hartini, Sri and Inayati, Nurnida (2016) Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas X-A SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas X-A SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. ISSN ISBN: 978-602-74703-0-9
|
Text
1 edufi 2016.pdf Download (683Kb) | Preview |
Abstract
Kondisi pembelajaran yang ada di sekolah masih bersifat konvensional dan tidak melibatkan siswa secara aktif pada saat pembelajaran berlangsung sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu di- lakukan penelitian untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran, dan (3) hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini meru- pakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggert. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP pada saat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT berkategori terlaksana dengan sangat baik, (2) peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model ko- operatif tipe NHT memiliki kriteria sangat aktif, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT adalah memiliki ketuntasan �75%. Kata kunci: aktivitas siswa, NHT
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mr Arief Mirathan |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 01:39 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 01:39 |
URI: | http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/4993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |