Mengajarkan siswa menemukan peluang usaha melalui metode ceramah dan berceritera dalam pelajaran kewirausahaan

Rizali , Hadi Mengajarkan siswa menemukan peluang usaha melalui metode ceramah dan berceritera dalam pelajaran kewirausahaan. Jurusan Pendidikan Sosial Ekonomi Unlam.

[img]
Preview
Text
RIZALI HADI - JURNAL ILMIAH TIDAK TERAKREDITASI.pdf

Download (1880Kb) | Preview

Abstract

Di Indonesia pelaku wirausahanya masih sedikit, kurang dari 2% dari jumlah penduduknya. Untuk menjadi negara maju diharapkan lebih banyak lagi para wirausahawan. Pemerintah memberikan bantuan modal, diklat serta bimbingan usaha, dan guru-guru diharapkan bisa membekali siswa dengan pengetahuan (skill) tentang kewirausahaan. Salah satu materi yang dianggap sulit adalah menjelaskan bagaimana mencari peluang (opportunity)dan memulai usaha, karena guru bukanlah praktisi. Untuk menutupi kekurangan itu apabila guru menyampaikan pelajaran kewirausahaan dengan metode ceramah, bisa menggabungkannya dengan metode ceritera, terutama ceritera tentang orang sukses dalam berbisnis. Dalam contoh ini diberikan kisah tentang keberhasilan seorang ibu rumah tangga, menjadi tukang ojek, pengantar rempeyek, pedagang minyak tanah keliling sampai memiliki pangkalan, jadi pedagang telur burung puyuh, penyuplai daging giling, sampai akhirnya memiliki tempat berjualan di pasar. Ceritera ini memungkinkan guru berimprovisasi. Disarankan agar guru kewirausahaan banyak memiliki dan mengoleksi kisah-kisah sukses dalam berwirausaha

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 27 Oct 2015 02:57
Last Modified: 27 Oct 2015 02:57
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item