PROFIL HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KIMIA KOLOID MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DI KELAS XI SMAN 1 BANJARMASIN

Fahreza, Rizki and Saadi, Parham and Syahmani, Syahmani PROFIL HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KIMIA KOLOID MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DI KELAS XI SMAN 1 BANJARMASIN. In: The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, 17 November 2018, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin.

[img]
Preview
Text
16.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai profil hasil belajar dan keterampilan metakognisi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Banjarmasin pada materi koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perkembangan hasil belajar dan keterampilan metakognisi untuk menyelesaikan masalah kimia koloid melalui penerapan model pembelajaran Self-Regulated Learning (SRL) dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam penerapan model pembelajaran SRL. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian pra-eksperimen jenis one-shot case study with pre-test. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 4 yang ditentukan melalui metode non-probability sampling dan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari soal pre-test, soal post-test, dan kuesioner MSLQ. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan pengisian kuesioner. metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perkembangan tingkat keterampilan metakognisi dan hasil belajar ke tingkat yang lebih tinggi setelah penerapan model pembelajaran SRL, di mana nilai keterampilan metakognisi secara keseluruhan meningkat dari 49,91 menjadi 60,10, sedangkan nilai hasil belajar dari 63,81 menjadi 75,54 dan (2) terdapat 4 faktor utama yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam model pembelajaran SRL, yakni strategi kognitif (positif: 71,89%, negatif: 58,44%), nilai intrinsik siswa (70,41%), self-efficacy (64,50%), dan kecemasan (67,09%)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:06
Last Modified: 08 Jan 2019 08:06
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item