PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN GARAM

Hidayati, Nadya and Leny, Leny and Iriani, Rilia PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN GARAM. In: The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, 17 November 2018, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin.

[img]
Preview
Text
11-.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstract

Self-efficacy dan hasil belajar dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran, salah satunya yaitu model inquiry based learning dengan pendekatan flipped classroom. Penelitian tentang pengaruh model inquiry based learning dengan pendekatan flipped classroom terhadap self-efficacy dan hasil belajar kesetimbangan ion dalam larutan garam telah_dilakukan. Metode dan desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment non equivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan_teknik purposive sampling. Sampel penelitian_sebanyak 73 peserta didik dari kelas XI IPA 2 kelas eksperimen dan XI IPA 3 kelas kontrol di SMA Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakannteknik analisis inferensial dan deskriptif. Hasil penelitian antara lain (1) terdapat perbedaan self-efficacy yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan flipped classroom dan pendekatan saintifik, (2) terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah pengetahuan yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan flipped classroom dan pendekatan saintifik, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar ranahgpengetahuan, dan nilai rata-rata sikap dan keterampilan peserta didik di kelas dengan pendekatan flipped classroom lebih baik daripada kelas dengan pendekatan saintifik, (4) peserta didik memberikan respon lebih positif terhadap pembelajaran yang menerapkan pendekatan flipped classroom dibandingkan dengan pendekatan saintifik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 08 Jan 2019 07:50
Last Modified: 08 Jan 2019 07:50
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/4940

Actions (login required)

View Item View Item