Efisiensi Pemasaran Emping Melinjo Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Istiyanti, Eni and Fivintari, francy Risvansuna and Kamardiani, Diah Rina and Saputra, Deni Irfan Efisiensi Pemasaran Emping Melinjo Di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional FKPTPI 2015.

[img]
Preview
Text
PROSIDING-FKPTPI-2015-43-46.pdf

Download (354Kb) | Preview

Abstract

Penelitian Efisiensi Pemasaran Emping Melinjo di Kabupaten Bantul bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran emping melinjo, mengetahui marjin dan keuntungan pemasaran serta menganalisis efisiensi pemasaran emping melinjo. Penentuan responden pengrajin emping melinjo secara sensus sedangkan penentuan pedagang menggunakan metode snow ball sampling. Studi lapangan untuk mendapatkan data primer dilakukan melalui interview dengan pengrajin emping melinjo yang berjumlah 51 orang dan pedagang emping melinjo berjumlah 30 orang meliputi pedagang pengumpul, pedagang besar dan pedagang pengecer. Efisiensi pemasaran dianalisis menggunakan Producer‟s Share dan Rasio antara biaya pemasaran dengan harga jual. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 saluran pemasaran, yaitu I (produsen – konsumen), II (produsen – pedagang pengecer – konsumen), III (produsen – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen), IV ( produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen). Marjin dan keuntungan pemasaran terbesar terdapat pada saluran pemasaran IV. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran II. Kata kunci: Saluran pemasaran, marjin, efisiensi, producer‟s share

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 30 Nov 2018 01:14
Last Modified: 30 Nov 2018 01:14
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item