PENDEKATAN CROSS-INDIGENOUS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME

HERI, SUSANTO (2012) PENDEKATAN CROSS-INDIGENOUS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME. In: Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPS, 12 June 2012, Bandung, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Prosiding UPI.pdf

Download (12Mb) | Preview

Abstract

Pendekatan cross-indigenous berkembang dari konsep indigenous dalam ilmu psikologi. Melihat kenyataan bahwa indigenous dan cross-indigenous mempunyai fokus kajian terhadap masyarakat dalam lingkungan native culture-nya, maka dalam tinjauan ini berusaha mengaplikasikan cross-indigenous sebagai sebuah pendekatan dalam pembelajaran IPS, terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berpotensi untuk menanamkan pemahaman multikulturalisme kepada peserta didik. Inti dari pendekatan ini adalah bagaimana menggunakan unsur sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi dan antropologi dari berbagai lingkungan budaya sebagai sumber belajar IPS, sehingga pemahaman yang diperoleh peserta didik tidak hanya pemahaman yang berasal dari satu kelompok etnik, melainkan pemahaman nilai-nilai universalitas lintas budaya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 29 Sep 2015 09:13
Last Modified: 29 Sep 2015 09:13
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item