HERI, SUSANTO (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BAGI GURU SEJARAH. In: Seminar Nasional Pendidikan Sejarah di Tengah Perubahan, 27-28 May 2014, Malang, Indonesia.
|
Text
Prosiding Semnas Malang.pdf Download (10Mb) | Preview |
Abstract
Berangkat dari perubahan kurikulum yang memunculkan keresahan tersendiri di kalangan guru, tinjauan ini berusaha untuk memberikan gambaran tentang bagaimana kurikulum 2013 dan tantangan yang dihadapi guru dalam implementasinya. Kendatipun perubahan kurikulum di manapun selalu membawa masalah pada tataran implementasi, namun menarik untuk dikaji bagaimana permasalahan yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum 2013. Terkait mata pelajaran sejarah, bagaimana pembelajaran sejarah kurikulum 2013 dan bagaimana peran serta tantangan yang dihadapi oleh guru sejarah dalam implementasi kurikulum 2013 adalah pertanyaan yang patut menjadi perhatian praktisi dan akademisi pendidikan sejarah. Pendekatan saintifik yang menjadi dasar pembelajaran sejarah kurikulum 2013 dalam implementasinya telah menjadi momok tersendiri bagi guru sejarah. Memahami kondisi pembelajaran dan merumuskan alternatif adalah upaya yang dapat dilakukan dalam mensukseskan implementasi kurikulum 2013.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | FKIP > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya |
Date Deposited: | 29 Sep 2015 08:49 |
Last Modified: | 29 Sep 2015 08:56 |
URI: | http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |