Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA.

Muhammad, Zaini (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Jurnal Kebijakan Pembangunan , 9 (1). ISSN 2085-6091

[img]
Preview
Text
459.pdf

Download (477Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
naskah.pdf

Download (1215Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang praktis dan efektif. Produk dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan ASSURE meliputi tahapan analisis siswa, penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan metode, media dan bahan, penggunaan media dan bahan serta meminta partisipasi siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Banjarbaru. Penelitian telah berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran yang praktis dan efektif. Dikatakan praktis karena tahapan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir dalam pembelajaran sekurang-kurangnya terkategori baik. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan tergolong efektif dengan beberapa indikator yakni 1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sudah dapat dikurangi, 2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran cukup tinggi, 3) hasil belajar kognitif produk telah mencapai ketuntasan, begitu juga hasil belajar kognitif proses, 4) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa rata-rata kategori baik. 5) Keterampilan psikomotor siswa selama proses pembelajaran termasuk kategori baik, dan 6) afektif siswa yang diukur dari perilaku berkarakter siswa menunjukkan hasil dengan kategori minimal baik, sedangkan keterampilan sosial siswa minimal mencapai kategori sudah baik. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Inkuiri

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 25 Sep 2015 09:06
Last Modified: 04 Aug 2016 07:18
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item