Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Tumbuhan Hijau Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar

Muhammad, Zaini (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Tumbuhan Hijau Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Pendidikan Lingkungan, 1 (2). ISSN 2338-0756

[img]
Preview
Image
img081.jpg

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img082.jpg

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img083.jpg

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img084.jpg

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SITI NOORHASANAH_docx.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
456.pdf

Download (484Kb) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran perlu dikembangkan khususnya pada pendidikan IPA, terutama dalam mempersiapkan para siswa menghadapi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)di sekolah tempat penelitian ini masih tergolong rendah, metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, antusias siswa dalam belajar IPA rendah, kondisi lingkungan yang kurang mendukung siswa dalam belajar, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan prototipe perangkat pembelajaran pengembangan yang telah dikembangkan, mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, mengukur hasil belajar siswa berupa produk, mengukur hasil belajar siswa berupa proses, mengukur keterampilan berpikir siswa, mendeskripsikan kinerja siswa, mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran, mendeskripsikan respon guru terhadap pembelajaran. Subjek coba uji lapangan 1 pada penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas V SDN Landasan Ulin Barat 4 dengan jumlah siswa 5 orang dan siswa kelas V SDN Banjarbaru Utara 7 dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, Bahan Ajar, LKS dan THB, hasil pengamatan aktivitas guru dari 8 parameter, 5 parameter berkatagori baik maka secara umum masuk dalam katagori baik, hasil aktivitas siswa secara umum disimpulkan berkatagori baik, hasil belajar produk siswa 84% siswa sudah mencapai KKM ini menunjukkan hasil yang baik, hasil belajar proses siswa juga menunjukkan hasil yang baik yaitu 90% siswa sudah mencapai KKM, keterampilan berpikir siswa tergolong baik, kinerja siswa dapat dikatakan baik dan berhasil, sedangkan respon guru dan siswa sama-sama mendapat respon positif. Kata Kunci : Pengembangan, inkuiri terbimbing, kinerja

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:50
Last Modified: 11 Apr 2016 00:55
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item View Item