Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Banjarbaru dalam Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Pendekatan Lingkungan

Muhammad, Zaini (2013) Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Banjarbaru dalam Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Pendekatan Lingkungan. Pendidikan Lingkungan, 1 (2). ISSN 2338-0756

[img]
Preview
Image
img081.jpg

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img082.jpg

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img083.jpg

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img084.jpg

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SITI NOORHASANAH_docx.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
455.pdf

Download (486Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
naskah.pdf

Download (570Kb) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan 1)mengembangkan perangkat pembelajaran konsep keanekaraman hayati melalui pendekatan lingkungan dengan model kooperatif tipe belajar bersama, 2)menguji signifikansi hasil belajar 3)mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bacaan Siswa dan Lembar Kegiatan Siswa. Model makro yang digunakan adalah Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian diperoleh ada perbedaan hasil belajar produk dari 70,96 pada kelas kontrol dan 71,74 pada kelas perlakuan. Perbedaan skor diperoleh signifikasi hasil belajar produk antara kelas perlakuan dengan kelas kontrol (F = 78,99; P = 0,0001). Keterampilan berpikir kritis siswa terdiri atas 1)membandingkan, 2) menganalisis, 3) mensisntesis dan 4)menarik kesimpulan. keempat parameter keterampilan berpikir mempunyai nilai yang hampir sama pada setiap materi, untuk keterampilan berpikir membandingkan, menganilisis dan menarik kesimpulan mempunyai nilai baik, sedangkan untuk keterampilan berpikir mensintesis mempunyai nilai sedang. Kata Kunci: pendekatan lingkungan, berpikir kritis, hasil belajar, keanekaragaman hayati

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:47
Last Modified: 05 Aug 2016 01:54
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item