Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Materi Struktur Bagian Tumbuhan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN Bingkulu 2 Kecamatan Tambang Ulang

Muhammad, Zaini (2013) Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Materi Struktur Bagian Tumbuhan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN Bingkulu 2 Kecamatan Tambang Ulang. Landasan - Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 8 (2). ISSN 1907-431X

[img]
Preview
Image
COVER-LANDASAN no.24.jpg

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img077.jpg

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img078.jpg

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4.SITI AISYAH_docx.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
452.pdf

Download (501Kb) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang belangsung di SDN Bingkulu 2 selama ini guru masih berpegang pada konsep belajar bukan membelajarkan siswa. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang meliputi proses dan hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa dan guru, terhadap kegiatan pembelajaran materi struktur bagian tumbuhan melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bingkulu 2 yang berjumlah 12 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan yang mana siklus 1 membahas tentang akar dan batang dan pada siklus 2 membahas tentang daun dan bunga. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Bingkulu 2 pada materi struktur bagian tumbuhan. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 66,66% dan pada siklus 2 sebesar 100%. Hasil selama proses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus 1 tergolong dalam kategori sedang dan pada siklus 2 tergolong dalam kategori baik. Guru masih mendominasi dalam mengelola kegiatan pembelajaran, tetapi keaktifan siswa sudah menunjukkan adanya tanda-tanda keaktifan siswa dalam pembelajaran. Kata kunci : Struktur bagian tumbuhan, Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw, Proses dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 25 Sep 2015 08:38
Last Modified: 11 Apr 2016 00:50
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item