Pengembangan perangkat pembelajaran ipa dengan model saintifik di Kelas V SD Plus Murung Pudak, Kabupaten Tabalong

Yuseran, Yuseran and Soendjoto, Mochamad Arief and Prahatamaputera, Aminuddin (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran ipa dengan model saintifik di Kelas V SD Plus Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 3 (2). pp. 627-633. ISSN 2623-1980

[img]
Preview
Text
2017 SNLLB 3(2) 627-633 gab Yuseran et al..pdf

Download (832Kb) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar (SD) sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pendidikan di jenjang sekolah berikutnya. Olehh sebab itu, pengembangan perangkat pembelajaran IPA dapat dijadikan prasarana siswa dalam pengembangan saintifik yang akan datang. Dalam pengembangan saintifik, siswa diberi kesempatan menunjukkan kemampuan terbaik mempertunjukkan yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan model saintifik dan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya melalui validasi perangkat, keterlaksanaan RPP, respons siswa, dan penilaian kognitif. Setelah dikembangkan, perangkat divalidasi oleh tiga validator. Setelah valid, perangkat diuji dalam kelompok kecil melalui keterlaksanaan RPP dan respons dari 15 siswa Kelas V-A SD Plus Murung Pudak Tabalong. Untuk keefektifannya, perangkat diujikan terhadap 33 siswa Kelas V-B SD yang sama melalui hasil kognitif siswa. Secara umum perangkat (silabus, RPP, bahan ajar, LKS) dinyatakan valid. Perangkat dinyatakan praktis berdasarkan pada rerata nilai keterlaksanaan RPP 86.6% dan respons siswa yang tergolong positif. Perangkat pun dinilai efektif. Dari hasil belajar kognitif, n-gain 0.89 atau dikategorikan tinggi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: IPA, kepraktisan, keefektifan, perangkat pembelajaran, validitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Biologi
Depositing User: LPPM Universitas Lambung Mangkurat
Date Deposited: 17 Oct 2018 13:42
Last Modified: 17 Oct 2018 14:06
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

View Item View Item