Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 9 Banjarbaru Tahun Pelajaran 2010/2011).

Muhammad, Zaini (2012) Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 9 Banjarbaru Tahun Pelajaran 2010/2011). Landasan - Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 6 (2). ISSN 1907-431X

[img]
Preview
Image
img059.jpg

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img060.jpg

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
Landasan COVER-DALAM no.15.jpg

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ARTIKEL Pak Zaini, Wiwid ok_doc.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
443.pdf

Download (494Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang meliputi proses dan hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa dan guru, serta mengetahui respon siswa dan guru terhadap kegiatan pembelajaran konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 9 Banjarbaru tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 35 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang mana siklus 1 membahas tentang akar dan batang dan pada siklus 2 membahas tentang daun dan bunga. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII D SMP Negeri 9 Banjarbaru pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 91,43% dan pada siklus 2 sebesar 88,57%. Hasil test pengetahuan yang diperoleh selama proses pembelajaran baik pada siklus 1 maupun siklus 2 tergolong kategori baik. Pada test keterampilan proses selama pembelajaran pada siklus 1 tergolong cukup baik sedangkan pada siklus 2 tergolong kategori baik. Proses pembelajaran belum sepenuhnya terpusat pada siswa, namun pembelajaran ini mendapatkan respon yang positif dari siswa dan guru. Kata kunci: Konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, pendekatan inkuiri terbimbing, proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 25 Sep 2015 07:23
Last Modified: 11 Apr 2016 00:42
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item