Pemahaman Konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan dengan Menggunakan Model Gallery of Learning Berbasis Lingkungan di SMPN 9 Banjarbaru.

Muhammad, Zaini (2011) Pemahaman Konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan dengan Menggunakan Model Gallery of Learning Berbasis Lingkungan di SMPN 9 Banjarbaru. Landasan - Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 6 (1). ISSN 1907-431X

[img]
Preview
Image
img056.jpg

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img057.jpg

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Image
img058.jpg

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pak Zaini, Dewi_docx.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
442.pdf

Download (494Kb) | Preview

Abstract

Pembelajaran hama dan penyakit tumbuhan di SMPN 9 Banjarbaru sebelumnya dilakukan dengan siswa diminta membawa tumbuhan yang diperkirakan siswa terkena hama dan penyakit. Tetapi hal ini belum efisien karena siswa belum mengetahui secara pasti tumbuhan itu terserang hama atau penyakit. Akibatnya penguasaan konsep atau hasil belajar biologi siswa tetap rendah dan pembelajaran biologi jadi membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, mengetahui hasil keja kelompok dalam mengerjakan LKS, dan mengetahui kecendrungan perilaku siswa kearah on task atau off task. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sama, dengan materi eksperimen diselingi dengan materi kontrol (materi berkelanjutan). Hasil analisis kovarian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa eksperimen dan siswa kontrol. Hal ini terlihat dari nilai Pr yaitu 0,02 yaitu lebih kecil dibandingkan nilai taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu sebesar 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dan hasil kerja kelompok dalam mengerjakan LKS pada konsep hama dan penyakit tumbuhan dengan menggunakan model gallery of learning berbasis lingkungan di SMPN 9 Banjarbaru menunjukan hasil yang baik dan perilaku siswa cenderung ke arah on task. Kata kunci: Model Gallery of Learning, pemahaman, hama dan penyakit tumbuhan, on task, off task.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 25 Sep 2015 07:21
Last Modified: 11 Apr 2016 00:41
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item