Pengoptimalan Pelayanan Lalu Lintas di Persimpangan

Rev, Sessi Muya Baret and RADAM, IPHAN FITRIAN (2011) Pengoptimalan Pelayanan Lalu Lintas di Persimpangan. Jurnal Teknologi Berkelanjutan, 1 (1). pp. 28-37.

[img]
Preview
Text
15-23-1-SM.pdf

Download (766Kb) | Preview

Abstract

Persimpangan Jalan A. Yani dan Gatot Sobroto Banjarmasin merupakan bagian dari ruas jalan arteri yang direncanakan akan menjadi persimpangan berbentuk palang (simpang empat). Hal ini dilakukan karena tingkat kemacetan yang tinggi di Jalan Gatot Subroto yang merupakan jalan alternatif di Kota Banjarmasin, sekalipun jalan tersebut sudah sering mengalami pelebaran. Perlu dilakukan peningkatan pengaturan sistem lalu lintas agar kondisi lalu lintas tetap terjaga lancar dan jumlah kemacetan dapat ditekan sekecil mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen simpang Jalan A. Yani dan Gatot Subroto Banjarmasin dapat dioptimalkan sehingga memungkinkan pemecahan masalah pelayanan arus lalu lintas di persimpangan tersebut. Alternatif I adalah meningkatkan pelayanan melalui pelebaran Jalan A. Yani dari dalam kota dan pelebaran Jalan Gatot Subroto pada sisi kanan jalan dari arah menuju Jalan A. Yani. Sedangkan Alternatif II adalah pembuatan fly over pada Jalan A. Yani dari dalam kota. Hasil penelitian menunjukkan nilai tundaan rata-rata persimpangan A. Yani dan Gatot Subroto pada kondisi yang ada adalah sebesar 34,83 det/smp dengan tingkat pelayanan D untuk untuk jam puncak pagi hari, sebesar 29,11 det/smp dengan tingkat pelayanan D untuk jam puncak siang hari, dan 46,19 det/smp dengan tingkat pelayanan E untuk jam puncak sore hari. Alternatif I dengan 3 fase memberikan nilai tundaan sebesar 22, 44 det/smp dengan tingkat pelayanan C untuk jam puncak pagi hari, sebesar 20,45 det/smp dengan tingkat pelayanan C untuk jam puncak siang hari, dan sebesar 24,45 det/smp dengan tingkat pelayanan C untuk jam puncak sore. Alternatif II dengan 2 fase memberikan nilai tundaan sebesar 6,11 det/smp dengan tingkat pelayanan B untuk jam puncak pagi hari, sebesar 6,10 det/smp dengan tingkat pelayanan B untuk jam puncak siang hari, dan sebesar 6,03 det/smp dengan tingkat pelayanan B untuk jam puncak sore. Alternatif II, yaitu pembuatan fly over pada Jalan A. Yani menuju luar kota, merupakan cara terbaik dalam mengoptimalkan tingkat pelayanan pada Jalan A. Yani dan Gatot Subroto. Kata-kata kunci: persimpangan, tingkat pelayanan, tundaan

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 09 Sep 2018 08:07
Last Modified: 09 Sep 2018 08:07
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item