Pembelajaran Nilai Kejujuran dalam Berbisnis (Suatu Pengalaman Empiris)

Rizali , Hadi Pembelajaran Nilai Kejujuran dalam Berbisnis (Suatu Pengalaman Empiris). Documentation. Aswaja Presindo.

[img]
Preview
Text
kejujuran berbisnis.pdf

Download (20Mb) | Preview

Abstract

Masalah krusial dalam kewirausahaan sekarang ini adalah banyaknya kasus ketidakjujuran, misalnya mengoplos barang, mengurangi timbangan, ingkar janji, berbuat curang sampai menipu. Seharusnya para wirausahawan menjunjung tinggi etika dan nilai kejujuran dalam berbisnis. Bagaimana mengatasi fenomena ini sedini mungkin. Salah satu jawabannya adalah agar dunia pendidikan mengambil peran dalam menginternalisasi nilai kejujuran. Dalam dunia pendidikan, penanaman nilai bukan hanya tanggung jawab guru agama, guru PKN atau guru BP/BK, guru-guru diharapkan ikut menanamkan nilai kejujuran dalam mata pelajaran kewirausahaan. Caranya adalah membuat suplemen atau lampiran tambahan pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan Suplemen Nilai Kejujuran yang disingkat SUPNIL JUR. Suplemen ini membantu guru untuk senantiasa ingat tugasnya menginternalisasi nilai. Model ini telah diujicoba pada SMKN 2 Banjarmasin dan dua sekolah lain. Hasilnya bahwa model ini membawa perubahan signifikan tentang tingkat kejujuran siswa. Makin diingatkan, hasilnya semakin baik.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 18 Aug 2015 23:50
Last Modified: 10 Sep 2015 09:43
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item