INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN IPS DI PERGURUAN TINGGI

Nor, Baseran INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN IPS DI PERGURUAN TINGGI. In: PROCEEDING INTERNATIONAL SEMINAR ON CHARACTER EDUCATION, FKIP UNLAM.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (254Kb) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter diterapkan dalam dunia pendidikan guna menciptakan generasi muda yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang harus dikembangkan di perguruan tinggi mencakup (1) religius; (2) jujur; (3) toleransi; (4) disiplin; (5) kerja keras; (6) kreatif; (7) mandiri; (8) demokratis; (9) rasa ingin tahu; (10) semangat kebangsaan; (11) cinta tanah air; (12) menghargai prestasi; (13) bersahabat/komunikatif; (14) cinta damai; (15) gemar membaca; (16) peduli lingkungan; (17) peduli sosial; dan (18) tanggung jawab. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di perguruan tinggi dapat dilakukan melalui (1) perencanaan pembelajaran, meliputi (a) silabus, (b) Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dan (c) bahan ajar; (2) pelaksanaan pembelajaran, meliputi (a) kegiatan pendahuluan, (b)kegiatan inti, dan (c) penutup; (3) penilaian pembelajaran. Kata kunci: Pendidikan Karakter, IPS, dan Perguruan Tinggi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:05
Last Modified: 30 Jul 2015 04:05
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item