PENGUATAN RISET ARSITEKTURAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESI ARSITEK

Muchamad, Bani Noor and Aufa, Naimatul and Mentayani, Ira PENGUATAN RISET ARSITEKTURAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESI ARSITEK. In: Proseding Seminar Nasional 60 Tahun Pendidikan Arsitektur.

[img]
Preview
Text
4_60thAR-ITB#1.pdf.no security.pdf

Download (1593Kb) | Preview

Abstract

Sejatinya, pendidikan arsitektur dilandasi hasil riset arsitektural yang berorientasi pada keilmuan dan kebutuhan profesi arsitek. Sayangnya, kegiatan riset arsitektural sendiri masih menghadapi banyak persoalan yang menjadikan hasil riset kurang bermanfaat bagi pendidikan arsitektur dan juga bagi profesi arsitek. Dari hasil studi awal, peneliti mengidentifikasi 5 (lima) kelemahan dalam riset yang juga dialami para periset arsitektur, yaitu; (1)kerancuan dalam memahami realitas dunia arsitektur, (2)ketidakmampuan merumuskan permasalahan penelitian arsitektur, (3)ketidaktepatan dalam merujuk konsep dan/atau teori serta merumuskan landasan konseptual dan/atau teoritiknya, (4)lemahnya metodologi dan metode yang digunakan, (5)takliq tanpa berani berkreasi berdasar argumentasi yang benar. Berdasar hal tersebut, penelitian ini bertujuan menggali persoalan dalam riset arsitektural yang ada dan merumuskan solusi alternatif bagi penguatan riset arsitektural sekaligus memperkuat relevansinya (mulai dari persoalan hingga pemanfaatan hasil riset) bagi profesi arsitek. Penelitian ini menggunakan unit analisis berupa karya-karya riset arsitektural yang telah dipublikasikan di berbagai jurnal serta hasil penelitian arsitektur lainnya. Data diperoleh melalui penelusuran pustaka dan dianalisis dengan teknik analisis konten. Kata kunci: riset arsitektural, profesi arsitek, pendidikan arsitektur

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 29 Jul 2015 01:37
Last Modified: 29 Jul 2015 01:37
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item