PENGEMBANGAN MODUL FISIKA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DI SMAN 4 BANJARMASIN

WATI, MUSTIKA and Ramdhaniah, Nurdiana Ika and Mahtari, Saiyidah (2017) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DI SMAN 4 BANJARMASIN. In: Proceeding Seminar Nasional IPA VIII. Jurusan IPA Terpadu FMIPA Unnes bekerjasama denganCV. Swadaya Manunggal. ISBN 978-602-70197-3-7

[img]
Preview
Text
12-Semnas IPA VIII misbah dkk 2017.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstract

Kurangnya bahan ajar yang mendukung pembelajaran fisika dan belum adanya bahan ajar berbasis sains teknologi masyarakat yang digunakan dalam pembelajaran fisika di SMAN 4 Banjarmasin. Maka dilakukan penelitian pengembangan modul fisika pada pokok bahasan fluida statik dengan menggunakan model pembelajaran STM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) validitas modul, (2) kepraktisan modul, dan (3) efektivitas modul fisika yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan desain ADDIE. Data diperoleh melalui lembar validasi modul, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas modul yang dikembangkan berkategori sangat valid, (2) kepraktisan modul berdasarkan angket respon siswa berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas modul bernilai efektif. Diperoleh simpulan bahwa modul fisika pada pokok bahasan fluida statik dengan menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Modul, sains teknologi masyarakat, fluida statik.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:46
Last Modified: 15 Aug 2018 03:46
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item