PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 BANJARMASIN

Ansyarullah, Akhmad Rahim and WATI, MUSTIKA and Misbah, Misbah (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 BANJARMASIN. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016. Universitas Lambung Mangkurat. ISBN 978-602-14044-2-3

[img]
Preview
Text
7-paper semnas mtogpe 2016-misbah dkk.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa SMP Negeri 11 Banjarmasin tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan dalam kelompok belajar masih banyak siswa yang belum melakukan keterampilan kooperatif. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran kooperatif yang tepat agar membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan tipe numbered head together. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Banjarmasin dan sampelnya adalah siswa kelas VIIG sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas VIIE sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan pretest posttest design. Data diperoleh melalui data tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan tipe numbered head together. Hal tersebut didukung dengan hasil uji t, yakni t hitung 2,44 > t tabel 1,99. Kata kunci: hasil belajar, think pair share, numbered head together

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:36
Last Modified: 15 Aug 2018 02:36
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/3982

Actions (login required)

View Item View Item