Ainna, Ainna and Adyatma, Sidharta and Arisanty, Deasy Kenyamanan Termal Ruang Kelas di Sekolah Tingkat SMA Banjarmasin Timur. Kenyamanan Termal Ruang Kelas di Sekolah Tingkat SMA Banjarmasin Timur . ISSN ISSN 2356-5225
|
Text
7 Kenyamanan Termal Ruang Kelas di Sekolah Tingkat SMA Banjarmasin Timur.pdf Download (8Mb) | Preview |
Abstract
Tuir-ran dalam penelitian iniadalah mengetahuinilaiindeks disekolah tingkat 5tulA Baniarmasin Timur selama proses belajar mengajar berlangsung, yaitu selama iam pelajaran ke r'B dengan metode PMV dan PPD. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah ruang kelas dengan junrlah r7 1.uung kJur. Sampel dalam penelitian ini adalah rnenggunakan proporsional sampling. Variabel dalam penelitian ini t.idiri dari lingkungan fisik, manusia sebagai pengguna ruang dan psikologis. Analisis data dalam penelrtian ini adalah menggunakan Software Center For The Built Enr.'ironment ASHRAE 55. Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut Nilai PMV pada tiap ruang kelas di sekotah tingkat SMA Baniarmasin Timur berkisar antara o.oi sampai 3.29 dan nilai PPD pada tiap ruang kelas di sekolah tingkat SMA Banjarmasin Timur berkisar antara 52 sampai 1oo% sedangkan, tanggapan siswa terhadap kondisi kenyamanan termal berdasarkan aspek psikologis jam pelajaran ke r,4 merasa nyaman sedangkan jam pelajaran ke 5-6 merasa tidak nyaman dan ada tingkat hubungan tinggi antara indeks kenyamanan termal dengan tanggapan siswa karena pengaruh lingkungan fisik di Iingklngan sekitar sekolah sesuai dengan tabel korelasi dari aplikasi SPSS 21 karena pengaruh lingkungan fisik di lingkungan sekitar sekolah Kata kunci: t<enyumanan Termal, Predicted PrecentLlge of Dissatisfiecl, Predicted Percentlge oi Dissatisfied, Ruang Kelas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mr Arief Mirathan |
Date Deposited: | 25 May 2018 02:41 |
Last Modified: | 25 May 2018 02:47 |
URI: | http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/3526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |