BELAJAR PENDIDIKAN KARAKTER DARI BUSHIDO SAMURAI JEPANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Muhammad, Rafiek (2011) BELAJAR PENDIDIKAN KARAKTER DARI BUSHIDO SAMURAI JEPANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. In: Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 8 Januari 2011, aula Rektorat Unlam Lt. 1,.

[img]
Preview
Text
BELAJAR PENDIDIKAN KARAKTER DARI BUSHIDO SAMURAI JEPANG DAN IMPLIKASINYA DA.pdf

Download (175Kb) | Preview

Abstract

Ary Ginanjar Agustian (2010) dengan sangat bagus menulis ”Ada satu hal yang diakui dunia mengenai sebab kemajuan Jepang, yaitu karakter dan mentalitas masyarakat Jepang yang sangat unik, seperti kejujuran, tanggung jawab, kesetiaan, hormat, pantang menyerah, disiplin, dan keberanian. Nilai-nilai tersebut tidak dapat dipisahkan dari sejarah Jepang di era kaum samurai berkuasa yang menerapkan bushido. Bushido adalah sebuah sistem etika yang dianut oleh kelompok samurai, yang menguasai negara itu dari tahun 1192 sampai 1868. Bushido kemudian menjadi sebuah hukum dan budaya yang membentuk karakter dan perilaku masyarakat Jepang secara umum, meliputi berbagai aspek kehidupan hingga mencapai tingkatan yang belum pernah diraih sebelumnya. Para samurai pun mengajari kode etiknya kepada anak-anak Jepang selama masa sakoku (isolasi) hingga mencapai 250 tahun. Kata kunci: Jepang, bushido.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 21 Jun 2015 08:59
Last Modified: 21 Jun 2015 08:59
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item