KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Rapisa, Dewi Ratih KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
10731-23096-1-PB.pdf

Download (841Kb) | Preview

Abstract

Penelitian berangkat dari masalah rata-rata guru kurang memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi kendala yang dialami Anak Berkebutuhan Khusus. Oleh karena itu, kebutuhan akan kemampuan guru untuk mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dalam menentukan layanan pendidikan secara optimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengidentifikasi anak-anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar 3 SD di Banjarmasin. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru reguler dan guru kebutuhan khusus di SD Pasar Lama 3 di Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Pasar Lama 3 di Banjarmasin belum dapat melakukan skrining. Guru tidak memberikan tes kepada anak-anak menggunakan alat identifikasi yang tepat. Guru di Sekolah Dasar 3 SD di Banjarmasin telah melakukan rujukan sejak awal penerimaan siswa baru di sekolah terutama pada awal tahun pertama sekolah dasar dan atau peningkatan kelas. Guru di SD Pasar Lama 3 Banjarmasin tidak melakukan klasifikasi karena semua kru langsung dilayani di kelas reguler. Kata kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, keterampilan identifikasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 17 May 2018 05:58
Last Modified: 17 May 2018 05:58
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item