PEMASARAN IKAN LAUT SEGAR DI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN, INDONESIA

Lilimantik, Emmy PEMASARAN IKAN LAUT SEGAR DI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN, INDONESIA. In: Prosiding Seminar Nasional "Agribisnis dan Pengembangan Ekonomi Pedesaan III". FPK Universitas Lambung Mangkurat. ISBN 978-602-19131-3-0

[img]
Preview
Text
Naskah Prosiding Emmy Lilimantik.pdf

Download (2036Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PROSIDING (Keseluruhan peserta).pdf

Download (8Mb) | Preview
[img] Text
Prosiding Emmy Lilimantik (untuk Semnas ABP Fak Pertanian Univ Trunojoyo).docx

Download (37Kb)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemasaran ikan segar di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Analisis yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran dengan metode snowball sampling, analisis farmer’s share dan analisis margin pemasaran. Hasil analisis memperlihatkan bahwa (a) pemasaran ikan laut segar terdiri dari 5 pola saluran, (b) bagian harga yang diterima produsen berkisar antara 42% sampai dengan 84% dari hara yang dibayarkan oleh konsumen, nilai tersebut menunukkan sistem pemasaran efisien dan (c) margin pemasaran yang diterima oleh pedagang pengecer lebih besar daripada pedagang penumpul, sedangkan distribusi margin keuntungan lebih besar dibandingkan dengan distribusi margin biaya pemasaran, artinya keuntungan yang diperoleh pedagang perantara dan pengolah lebih tinggi jika dibandingkan dengan besarnya biaya pemasaran dan biaya produksi. Kata kunci : ikan laut segar, produsen, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, pola saluran pemasaran, farmer’s share dan margin pemasaran

Item Type: Book Section
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 27 Apr 2018 02:41
Last Modified: 27 Apr 2018 02:41
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item