ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN SASIRANGAN DI KOTA BANJARMASIN

Noor, Hidayati (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN SASIRANGAN DI KOTA BANJARMASIN. Technical Report. Universitas Brawijaya, Malang.

[img]
Preview
Text
Noor Hidayati_Publikasi Ilmiah.pdf - Accepted Version

Download (567Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian, 2) Untuk menguji dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor (perilaku konsumen) yang terbentuk terhadap keputusan pembelian, 3) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor (variabel) yang paling mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Penelitian dilakukan di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Machin and Chambell, maka diperoleh n=138. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi berganda. Faktor/variabel yang diamati dan diteliti adalah faktor gagasan, karakteristik konsumen, budaya, referensi, kelas sosial, produk, harga, promosi dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 9 faktor yang terdiri dari 20 variabel yang diamati secara analisis faktor tereduksi dan terbentuk ke dalam lima faktor yaitu Faktor Produk(F1), Faktor Harga(F2), Faktor Referensi(F3), Faktor Kepribadian (F4) dan Faktor Promosi(F5). Secara simultan hasil menunjukkan bahwa ke lima faktor secara bersama-sama atau serempak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial Faktor Produk(F1), Faktor Harga(F2), Faktor Kepribadian(F4) dan Faktor(F5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian(Y), sedangkan Faktor Referensi(F3) berpengaruh tetapi tidak signifikan. Dari ke empat faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Faktor Harga merupakan faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian Kain Sasirangan. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan suatu produk dalam memberikan kepuasan kepada konsumennya, yang berarti bahwa pengorbanan akan biaya yang dikeluarkan konsumen sesuai dengan mutu/kualitas produk dan manfaat yang didapatnya. Kata kunci: faktor gagasan, karakteristik konsumen, budaya, referensi, kelas sosial, produk, harga, promosi, distribusi, keputusan pembelian.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 17 Jul 2014 00:39
Last Modified: 17 Jul 2014 00:39
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item