ANALISA GAS BUANG MESIN BERTEKNOLOGI EFI DENGAN BAHAN BAKAR PREMIUM

Ach., Kusairi S. and Akhmad, Syarief and LAILAN, NI’MAH and Mustafa, Bakeri (2013) ANALISA GAS BUANG MESIN BERTEKNOLOGI EFI DENGAN BAHAN BAKAR PREMIUM. Project Report. Fakultas Teknik. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Abstrak EFI.pdf - Published Version

Download (137Kb) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong manusia untuk menciptakan teknologi yang semakin maju. Diantara teknologi tersebut adalah pengembangan mesin kendaraan dengan sistem bahan bakar injeksi (EFI), mesin dengan sistem ini mensyaratkan penggunaan bahan bakar tanpa timbal (pertamax plus), namun kenyataannya bahan bakar dengan jenis pertamax plus sangat sulit untuk ditemukan khususnya untuk daerah perkampungan, sehingga kebanyakan masyarakat masih menggunakan bahan bakar bensin (premium). Penggunaan bahan bakar premium ini menghasilkan gas buang yang berbahaya yaitu karbon monoksida (CO) dan hidro karbon (HC) yang dihasilkan dari proses pembakaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dilakukan penelitian terhadap sepeda motor sistem EFI empat langkah 150 cc dengan menggunakan bahan bakar premium pada putaran 2000, 2500 dan 3000 rpm. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui emisi gas buang dan temperatur oli pada sepeda motor sistem EFI. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan premium pada sepeda motor sistem EFI menghasilkan CO tertinggi dengan nilai 3,04%, HC tertinggi dengan nilai 63 ppm dan temperatur oli mesin tertinggi pada 86 0C. Dengan demikian penggunaan premium pada sepeda motor sistem EFI dinyatakan aman untuk digunakan. Kata Kunci: sepeda motor sistem injeksi, emisi gas buang, premium.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 20 Apr 2014 17:12
Last Modified: 20 Apr 2014 17:12
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item