Kontribusi Pelaksanaan Supervisi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin

Basuki, Sunarno (2015) Kontribusi Pelaksanaan Supervisi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin. Project Report. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
gabunganfix.pdf

Download (1899Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kontribusi supervisi terhadap kinerja guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarmasin, (2) kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin, dan (3) kontribusi pelaksanaan supervisi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin yang berjumlah 232 orang dengan perhitungan sampel berdasarkan rumus Solvin, sehingga jumlah sampel 148 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dengan skala likert untuk semua variabel, yaitu: 1) pelaksanaan supervisi, 3) motivasi kerja, dan 3) kinerja guru. Metode analisis data yang digunakan: statistik diskriptif dan inferential. Deskripsi data menggunakan penilaian acuan absolut dengan skala satu sampai lima berdasarkan skala likert. Statistik inferential yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil uji hipotesis penelitian dengan regresi linear berganda adalah: 1) terdapat kontribusi yang signifikan pelaksanaan supervisi terhadap kinerja guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarmasin, (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin, dan (3) terdapat kontribusi yang signifikan pelaksanaan supervisi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin. Hasil penelitian ini memiliki implikasi teoritis yang memberikan kejelasan dalam memperkuat teori-teori yang telah dipergunakan sebagai dasar pengajuan model penelitian ini. Sebagian besar hubungan variabel yang diteliti mendukung teori yang telah dikembangkan peneliti-peneliti terdahulu, khususnya terkait dengan kinerja guru. Hasil penelitian ini memberikan implikasi secara praktis terhadap upaya peningkatan pelaksanaan supervisi dan motivasi kerja guru yang kaitanya dengan peningkatan kinerja guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: fkip unlam ULM
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:29
Last Modified: 14 Mar 2017 08:29
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item