LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI KAJIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERKEARIFAN LOKAL TINGKAT SMPN DI KOTA BANJARMASIN

MUIN, FATCHUL (2016) LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI KAJIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERKEARIFAN LOKAL TINGKAT SMPN DI KOTA BANJARMASIN. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT.

[img]
Preview
Text
1-Kajian rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris.pdf

Download (588Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi nilai-nilai kearifan lokal apa saja yang sudah masuk dalam pembelajaran bahasa Inggris tingkat SMPN di Kota Banjarmasin dan untuk mengeksplorasi model pembelajaran Bahasa Inggris dalam rangka mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal agar peserta didik bersikap positif terhadap pentingnya menjaga nilai-nilai kearifan lokal. Kebermanfaatan penelitian ini setidaknya mencakup dua aspek baik dalam konteks teoritis maupun praktis. Secara teoritis, hasil penelitian ini dapat memberikan sebuah pandangan baru terkait pendekatan dalam menjaga dan mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal melalui pembelajaran bahasa Inggris. Secara praktis, hasil penelitian inimemberikan sumbangan konkret tentang strategi pembangunan kesadaran menjaga kearifan lokal melalui pembelajaran bahasa Inggris.Studi yang diteliti adalah kajian rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris berkearifan lokal tingkat SMPN di Kota Banjarmasin dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru dan orang tua siswa di semua Sekolah Menengah Pertama (SMP)yang berada di daerah sungai Banjarmasin. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yaitu suatu analisis terhadap isi yang diperoleh baik dari wawancara maupun kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mengajarkan tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dari sampah dengan cara membuang sampah di tempatnya dan menegur orang lain yang membuang sampah di sungai, budaya hormat dan sopan kepada orang yang lebih tua yang diterapkan melalui tingkah laku dan ucapan, budaya rajin menabung, budaya disiplin dan agamis perlu dijalankan dan (2) model pembelajaran Bahasa Inggris yang berbasis kearifan lokal telah diterapkan di tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kota Banjarmasin dengan pengintegrasian budaya lokal seperti adat istiadat Banjar, berbagai jenis keseian, kewirausahaan, dan keterampilan budaya Banjar yang dimasukkan ke dalam materi dan topik pembelajaran Bahasa Inggris baik melalui media teks maupun video. Kata kunci: Kearifan Lokal, Bahasa Inggris, dan Model Pembelajaran

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 13 Mar 2017 01:47
Last Modified: 13 Mar 2017 01:47
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item