PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNER AUTONOMY UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA

Miriam, Sarah and Salam M., Abdul PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNER AUTONOMY UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA. In: PROSIDING- SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN IPA. Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. ISBN 978-602-60213-0-4

[img]
Preview
Text
3d Artikel Prosiding IPA.pdf

Download (772Kb) | Preview

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran IPA/Fisika yang umum digunakan selama ini masih berpusat pada guru/dosen dengan metode drill. Penelitian ini mencoba memberikan alternatif pilihan kepada guru/dosen agar secara bertahap memberi otonomi kepada peserta didiknya dalam proses belajar mengajar, sekaligus untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa/mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua (2) program studi Pendidikan Fisika FKIP ULM tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pretest and postest group design. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas mahasiswa yang mencirikan otonomi belajar semakin meningkat, (2) hasil belajar mahasiswa yang meliputi tes kemampuan berpikir tingkat tinggi memberikan gain score sebesar 0,77 yang berkategori tinggi, (3) respon mahasiswa berupa minat dan motivasi terhadap perkuliahan adalah baik. Kata kunci: pembelajaran, learner autonomy, berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: FKIP > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:45
Last Modified: 15 May 2017 01:29
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item View Item