BESAR PENGARUH STRATEGI-STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN FISIKA: SEBUAH TINJAUAN META-ANALISIS BERDASARKAN JENIS STRATEGI DAN JENJANG PENDIDIKAN SISWA

Miriam, Sarah BESAR PENGARUH STRATEGI-STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN FISIKA: SEBUAH TINJAUAN META-ANALISIS BERDASARKAN JENIS STRATEGI DAN JENJANG PENDIDIKAN SISWA. Vidya Karya - Jurnal Kependidikan. ISSN 0215-9619

[img]
Preview
Text
2d Artikel VK (2).pdf

Download (554Kb) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan besar pengaruh (effect size/ ES) strategi-strategi pembelajaran terhadap hasil belajar fisika dilihat dari jenis strategi pembelajaran dan jenjang pendidikan. Langkah-langkah penelitian meliputi proses pengumpulan studi primer, seleksi studi primer dan analisis data. Penelitian ini menyertakan 23 studi primer yang memunculkan 29 sub-studi sebagai subjek penelitian. Temuan penelitian berupa: (a) ES rata-rata berkategori besar untuk delapan jenis strategi pembelajaran, berkategori sedang untuk lima jenis strategi, dan berkategori kecil untuk dua jenis strategi, (b) ES rata-rata berkategori besar pada jenjang sekolah menengah pertama dan perguruan tinggi, dan berkategori sedang pada jenjang sekolah menengah atas. Hasil meta-analisis ini mendukung keefektifan strategi-strategi non-konvensional dalam pembelajaran fisika dengan Efek Gabungan rata-rata yang besar senilai 1,020. Kata-kata Kunci: fisika, meta-analisis, hasil belajar, besar pengaruh

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: FKIP > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:34
Last Modified: 07 Feb 2017 06:34
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item