MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR

Asniwati, Asniwati MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR. Paradigma, Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN 0853-7585

[img] Text
6. MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI SALAH.docx

Download (145Kb)

Abstract

Dalam mata pelajaran PKn seorang siswa bukan saja menerima pelajaran berupa pengetahuan, tetapi pada diri siswa juga harus berkembang sikap, keterampilan, dan nilai-nilai moral yang baik. Sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang, tujuan dari pelajaran PKn pada setiap jenjang pendidikan adalah untuk mengembangkan kecerdasan peserta didik melalui pemahaman, keterampilan sosial, dan intelektual, serta prestasi dalam memecahkan masalah di lingkungan sekitarnya. Untuk mencapai tujuan pembelajaran PKn tersebut, maka peran guru sangat menentukan terutama dalam rangka mengelola pembelajarannya. Karena itu, untuk membangkitkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menginovasi sistem pembelajaran agar menjadi pembelajaran yang mampu mendorong siswa sebagai peserta didik menggali sendiri, memecahkan suatu masalah dari konsep yang dipelajarinya, dan berperan secara aktif, misalnya pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD). STAD. Melalui model pembelajaran ini diharapkan terbentuk pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Kata-kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > PGSD
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 04:50
Last Modified: 27 Sep 2016 04:50
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item