Efektifitas Pengawasan Sekolah Dasar Di Kabupaten Tabalong

Saleh, M. (2011) Efektifitas Pengawasan Sekolah Dasar Di Kabupaten Tabalong. AL JAMI - Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan & Dakwah, 7 (22). pp. 73-100. ISSN 1858-389x

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu bagian penting untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran di sekolah serta untuk memastikan pelaksanaan dan kinerja guru maupun kepala sekolah berjalan dengan baik adalah pengawasan atau monitoring. Tugas kepengawasan atau monitoring dilakukan oleh seorang pengawas. Karena itu pengawas merupakan tenaga kependidikan yang peranannya sangat penting dalam membina kemampuan profesional tenaga pendidik dan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah. Pengawas sekolah berfungsi sebagai supervisor dan berkewajiban untuk membantu dan meningkatkan mutu proses pembelajaran. Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik, pengawas harus memiliki kualifikasi dan kompetensi yang lebih unggul dari guru dan kepala sekolah yang mereka awasi. Ada enam aspek yang menentukan efektivitas pengawas dalam melaksanakan fungsi kepengawasan di sekolah, yaitu: aspek kepribadian, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta aspek sosial. Penelitian berikut mengungkap jawaban atas pertanyaan; apakah tenaga pengawas telah melaksanakan tugas pokoknya dengan baik sesuai dengan enam aspek diatas dan berjalan dengan efektif, dan apa saja yang diharapkan oleh guru dan kepala sekolah atas kehadiran pengawas di sekolah mereka?

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 06 Dec 2013 18:47
Last Modified: 08 Dec 2013 19:02
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item