DEVELOPING RESEARCH BASE LEARNING IN URBAN SOCIOLOGY CLASS

Arofah, Lumban DEVELOPING RESEARCH BASE LEARNING IN URBAN SOCIOLOGY CLASS. DEVELOPING RESEARCH BASE LEARNING IN URBAN SOCIOLOGY CLASS.

[img]
Preview
Text
Lumban_-_Abstract_Jurnal_Komunitas.pdf

Download (103Kb) | Preview
Official URL: http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/komunitas/3...

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan digunakannya metode pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Sosiologi Perkotaan. Hal tersebut merupakan hasil dari evaluasi lembar jawaban Mahasiswa pada tes final semester pada tahun sebelumnya. Hasil tes final menunjukkan bahwa Mahasiswa mampu menjelaskan materi yang diajarkan dalam pembelajaran namun kesulitan ketika harus mengkaitkannya terhadap permasalahan lokal perkotaan. Pengajar kemudian membuat rencana pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan penelitian sederhana yang nantinya dipresentasikan di depan kelas. Laporan penelitian dan partisipasi dalam pembelajaran diperhitungkan sebagai komponen penilaian dalam skor akhir. Proyek tersebut dibagi kedalam lima tahapan; persiapan – penelitian lapangan – presentasi – diskusi – simpulan. Berpijak dari pembelajaran yang telah dilakukan, didapat beberapa hal yang penting sebagai hasil refleksi belajar; Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menjelaskan teori dan pendekatan dalam Sosiologi Perkotaan, memahami proses migrasi antara migran formal dan informa, menjelaskan perilaku penduduk kota di ruang publik, melakukan analisa terhadap mekanisme survival pedagang Usaha Kecil dan Menengah (UKM), memahami bagaimana masyarakat perkotaan membentuk organisasi berbasis primordial dan bagaimana mereka mengambil manfaat dari organisasi tersebut. This article aims to describe an introduction research base learning in the urban sociology class. The idea came after evaluating answer sheet from previous year students. Although the student had an ability to demonstrate their understanding on the subject, but they could not be able to relate and describe the subject into the local urban case. The lecture developed the lesson plan that enable student to do a small research and will be presented in the class. The research report and participation of presentation will be counted in for final score. The project divided into 5 steps; preparation - research – presentation – discussion – summarizing. Reflecting the lesson process, there are several important points as a lesson learned; student have an ability to reflect the theories and perspective in urban sociology, understand the differences of formal migrant and informal migrant, describe the behavior of inhabitant in public sphere, analyzing survival mechanism of informal trader, and understand how urban sub culture maintain their culture and develop their group as a place of fellowships for other sub culture members. Keywords: Research Base Learning, Urban Sociology

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FKIP > Pendidikan SosAntro
Depositing User: Mr Arief Mirathan - Eka Setya Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:53
Last Modified: 16 Mar 2017 04:48
URI: http://eprints.unlam.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item