PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA

Nenti Kurnia, Wati and Rilia, Iriani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7 (2). pp. 121-126.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitlian yang dilakukan bertujuan untuk mengukur pengaruh (1) penggunaan model Simayang Tipe II berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa, (2) penggunaan model Simayang tipe II berbantuan media terhadap kemampuan representasi visual siswa pada materi larutan asam dan basa. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI PMIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Simayang tipe II berbantuan media PheT yang terdiri atas 4 fase, yaitu orientasi, eksplorasi representasi gambaran representasi konseptual, internalisasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan antara hasil post-test kelas eksperimen ddan kelas kontrol yang terlihat ada hasil belajar (2) adanya perbedaan antara hasil posy-test kelas eksperimen dan kelas kontrol mempengaruhi kemampuan representasi visual. Kata kunci: Simayang tipe II, hasil belajar, kemampuan representasi visual, larutan asam basa, media PheT

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Arief Mirathan
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:08
Last Modified: 12 Oct 2021 06:08
URI: http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item